Konsorsium Biologi Indonesia Dorong Prodi Biologi untuk Berbenah

KOBIYogyakarta – Belmawa.    Direktorat Penjaminan Mutu Ditjen Belmawa  Kemenristekdikti  telah memfasilitasi pertemuan Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI)  di Yogyakarta  pada Sabtu dan Minggu, 9-10 April 2016.  Pertemuan diinisiasi Subdit Penguatan Mutu setelah beberapa kali mengadakan pertemuan informal dengan tim KOBI. Hadir dalam pertemuan ini Ketua KOBI, Prof. Dr. Suwarno Hadisusanto (UGM) dan Tim Taskforce KOBI antara lain Prof. Dr. Bambang Irawan (Unair), Prof. Dr. Sutiman B. Sumitro (UB), Dr. Rodiyati (UB),  Dr. Retno Peni (UGM), Dr. Bayyinatul Muchtaromah (UIN Malang), Dr. Indra Wibowo (ITB), Dr. Dhira Satwika (UKDW), dan Dr. Yulia Sistina (Unsoed).

Acara dibuka oleh Kasi Revitalisasi Program, Masluhin Hajaz. Dalam pembukaannya disampaikan bahwa acara pertemuan hari ini  merupakan tindaklanjut dari surat dari KOBI kepada Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan beberapa waktu yang lalu dan kelanjutan dari beberapa pertemuan informal sebelumnya antara tim KOBI dan Direktorat Penjaminan Mutu. Selain memfasilitasi  kegiatan pertemuan ini, Direktorat Penjaminan Mutu juga sudah memasukkan Prodi Biologi dalam pelatihan ToT SPMI chapter Bandung (Kopertis IV) dengan diundangnya  2 perwakilan perguruan tinggi yang memiliki Prodi Biologi yaitu IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan IAIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ketua KOBI, Prof. Suwarno yang memimpin acara  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ditjen Belmawa yang sudah memfasilitasi pertemuan. Guru besar UGM ini  juga menyampaikan pentingnya pertemuan yang sudah lama direncanakan. “ Pertemuan ini penting untuk peningkatan mutu Prodi Biologi ke depan,” ungkap Prof. Suwarno.

Agenda pertemuan KOBI antara lain 1). Perumusan Capaian Pembelajaran (CP) Program Studi  jenjang S-1, S-2, dan S-3; 2). Penetapan Kurikulum jenjang S1; 3). Inisiasi dan Perancangan Pengembangan program profesi (KKNI level 7) bagi sarjana Biologi; dan 4). Perancangan kegiatan untuk peningkatan akreditasi Prodi biologi. Sesuai agenda paparan dilanjutkan oleh Prof.Sutiman tentang Pengantar Strategi Pencapaian Program KOBI. Dalam paparannya, Prof. Sutiman mengungkapkan bahwa pertemuan KOBI dalam rangka penetapan KKNI termasuk belum terlambat dibandikan dengan prodi lain mengingat penyetaraan antara kualifikasi lulusan dan kualifikasi KKNI juga baru mulai tahun 2016.

Direktur Penjaminan Mutu, Aris Junaidi  dan Kasubdit Penguatan Mutu, Antari W Mawarti pada sesi siang berkenan hadir dan memberikan pengarahan dalam pertemuan tersebut. Aris Junaidi mengapresiasi pertemuan KOBI ini dan berharap agar tujuan pertemuan bisa tercapai sesuai agenda. Sementara Kasubdit Penguatan Mutu menyampaikan apa-apa yang sudah dilaksanakan oleh Subdit Penguatan Mutu untuk Prodi Biologi seperti arahan dari Bapak Dirjen Belmawa.

Memasuki hari ke-2, agenda pertemuan yaitu perumusan profesi bagi Sarjana Biologi sesuai dengan level pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, yaitu level 7. Diskusi berlangsung hangat dan produktif yang pada akhirnya diperoleh hasil sesuai agenda pertemuan, yaitu Capaian Pembelajaran dan Rancangan Profil Profesi  Guru dan Konsultan, untuk Profesi Ahli akan dibicarakan di waktu mendatang. Selamat buat KOBI. (haz/editor/HKLI)