Home » Berita

Universitas Batam Jadi Tuan Rumah Uji Kompetensi Bidan

11/04/2016

 

Batam – Belmawa.   Universitas Batam, dipercaya sebagai salah satu tempat Ujian oleh Panitia Uji Kompetensi Kemenristekdikti sebagai tempat pelaksanaan Ujian Kompetensi Bidan pada periode pertama.  Ujian Kompetensi Bidan serentak diadakan di Seluruh Indonesia pada 09 April 2016.  Menurut Mona selaku Penanggung Jawab Lokal di Universitas Batam, peserta yang mengikuti Ukom pada periode ini sebanyak 119 orang yang diikuti 2 (dua) Institusi, yaitu Universitas Batam dan Stikes Awal Bros Batam.

Para peserta Ukom Bidan di Universitas Batam berharap mereka bisa lulus pada Ukom periode ini. Amirazatul  Hayatun peserta Ukom dari Stikes Awal bros mengatakan “saya  berharap dapat lulus pada ujian periode ini, saya telah belajar, juga berdiskusi bersama teman-teman, dan dibimbing para pengajar di institusi kami” jelasnya.

Yudhia Fratidhina, selaku Penanggung Jawab Pusat,  mengatakan  “Tujuan Ukom untuk menilai lulusan bidan. Kalau dinyatakan lulus Ukom, peserta akan mendapatkan sertifikat,” Dosen di Universitas Muhamadiyah Tangerang  ini juga menyampaikan, soal Ukom ini berkaitan dengan ilmu kebidanan dan praktik kebidanan. Dan Ukom wajib diikuti akademi kebidanan negeri maupun swasta. “Hari ini pada periode pertama, dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, dan Periode Kedua nanti akan dilaksanakan pada bulan September” jelasnya.

Lebih jauh Yudhia menjelaskan, sertifikat lulus uji kompetensi itu nantinya akan digunakan untuk mengurus surat tanda registrasi (STR) bidan. Dikatakannnya, apabila peserta tidak lulus uji kompetensi maka tidak akan mendapatkan sertifikat. Dimana tamatan akademi kebidanan juga tidak bisa mengurus STR yang nantinya akan dipakai sebagai salah satu syarat mendapatkan pekerjaan. “Jadi Ukom itu sangat berguna bagi lulusan akedemi kebidanan,” ujarnya.

Seperti harapan Menrisekdikti, M. Nasir yang mengatakan “manfaat Uji Kompetensi ini akan menjadikan sistem pendidikan kesehatan menjadi jauh lebih baik”. (GPK/editor/AS)