Home » Berita

Direktorat Jenderal Belmawa Kemenristekdikti Terima Kunjungan Anggota DPRD Moubago Sulawesi Utara

07/04/2016

Jakarta–Belmawa.    Sekretaris Direktorat Jenderal Belmawa Kemenristekdikti Sutrisna Wibawa menerima rombongan anggota DPRD Kota Moubago Sulawesi Utara di ruang rapat Belmawa (7/4/2016). Rombongan anggota Dewan dipimpin Djelantik Mokodompit sebagai wakil ketua DPRD.

Dalam kesempatan tatap muka, pimpinan rombongan Djelantik Mokodompit menjelaskan secara umum tentang Kota Kotamobagu. “Kota ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Bolaang Mongondow yang bertujuan untuk memajukan daerah, membangun kesejahteraan rakyat, memudahkan pelayanan, dan memobilisasi pembangunan bagi terciptanya kesejahteraan serta kemakmuran rakyat totabuan. Penduduk Kota Moubago berjumlah sekitar 140 ribu jiwa yang terdiri berbagai suku”, terang Djelantik.

Djelantik, “tujuan kami kesini untuk mendapatkan informasi terkait perlunya peningkatan kerjasama sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan di daerah kami. Ditjen Belmawa sebagai Pemerintah Pusat kiranya dapat membantu kami dalam hal peningkatan kapasitas sumber daya agar kami bisa bersaing dengan daerah lainnya di Indonesia.”

Selain itu rombongan berharap dukungan pemerintah pusat untuk lahirnya perguruan tinggi negeri baru di moubago, Sulawesi Utara. “Kami berharap ditjen Belmawa bisa membantu mempercepat PTN baru yang berasal dari PTS yang ada di daerah kami”, ungkap Djelantik.

Menanggapi usulan kerjasama peningkatan sumberdaya, Sutrisna menjelaskan secara singkat tentang Progam Afirmasi Pendidikan Tinggi  (ADik) bagi Putra-Putri Daerah Terluar, terdepan dan Tertinggalyang bisa diikuti oleh pemuda Kota Moubago Sulawesi Utara.

 “Program ini mendukung pengembangan sumber daya manusia di daerah untuk menaikkan level latar belakang pendidikan dan memperkuat rantai kesatuan berbangsa sehingga akses dan penuntasan pendidikan tinggi di daerah  meningkat dengan kondisi khusus,” terangnya. Dengan program ini, putra-putri Kota Moubago yang berprestasi akademik baik mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pendidikan di PTN terbaik.

Sementara itu, untuk pendirian PTN baru di daerah, sesditjen Belmawa memberikan saran kepada rombongan untuk berkonsultasi dengan Ditjen Kelembagaan Kemristekdikti yang menaungi kelembagaan perguruan tinggi. (AS/HKLI/Editor:Febi)