Home » Berita

Membangun Negeri Bersama Profesionalisme Guru

22/03/2016

Medan – Belmawa.  Sekolah merupakan tempat yang nyaman untuk berdiskusi, berkreatifitas, mengembangkan akal pikiran, dan ilmu pengetahuan. Untuk itu,  dituntut profesionalisme guru sebagai seorang pendidik yang handal. Dan salah satu LPTK yang dipercaya untuk mendidik profesi guru adalah Universitas Negeri Medan (Unimed) . Saat ini UNIMED aktif dalam membangun kerja sama di bidang pendidikan di banyak kabupaten/kota di Sumatera Utara. “Dengan adanya Ikatan Alumni Unimed ini kita akan memperkuat dan meng-update perkembangan pendidikan di daerah, serta merancang bersama untuk memajukan negeri ini melalui profesionalisme guru. Terimakasih kepada para alumni kita ini yang sudah sangat kuat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk membangkitkan pendidikan”. Demikian sambutan singkat Rektor Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., dalam acara peresmian pengurus ikatan alumni periode 2016 – 2020 tanggal 18 Maret 2016 di Medan.

Sebelum melantik pengurus ikatan alumni Unimed, Dirjen Belmawa, Kemenristekdikti, Prof. Intan Ahmad, Ph.D. mengisi acara Seminar Nasional yang berjudul “Membangun Negeri dari Sekolah melalui Profesionalisme Guru”. Prof. Intan menyampaikan bahwa negara Indonesia adalah negara demokrasi kaya dengan sumber daya alam. Pada abad sekarang ini, Indonesia harus berfikir mulai memanfaatkan sumber daya alam sebaik-baiknya dengan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan. Untuk menjadikan ekonomi Indonesia lebih baik dibutuhkan tenaga-tenaga terampil dan berpengetahuan, dan di sinilah peran guru dalam mendidik sejak usia dini sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas. Kemajuan suatu bangsa bergantung pada kualitas SDM-nya, SDM yang berkualitas dihasilkan oleh  pendidikan yang berkualitas pula.

“Guru menjadi faktor kunci keberhasilan. Hal ini menunjukkan bahwa sangat penting untuk berinvestasi dalam menyiapkan guru profesional yang mampu mendidik generasi muda. Seorang guru yang profesional mampu memahami siswanya dalam proses belajar serta termasuk dukungan dari para orang tua di rumah, mengajak mereka untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sehingga siswa tersebut bisa berkreatifitas tinggi dan menjadikan masa depan bangsa Indonesia yang cerah”, ungkap Prof. Intan.

Acara pelantikan pengurus ikatan alumni Unimed ini dihadiri oleh para civitas akademika Unimed dari berbagai bidang ilmu, dan para alumni Unimed dari berbagai jurusan dan angkatan yang berasal dari seluruh daerah, bahkan hadir juga para mantan Rektor Unimed, para pejabat di bidang Pendidikan di Provinsi Sumatera Utara dan kabupaten/kota, serta fungsionaris di lingkungan Unimed serta ratusan mahasiswa Unimed. (SR/Editor/HKLI)