Home » Berita

Milad ke–73 UII Dapat Akreditasi Internasional dari Jepang

17/03/2016

Yogyakarta – Belmawa.  “Kita patut bersyukur dan bangga bahwa sejak Universitas Islam Indonesia (UII) didirikan tahun 1945 oleh para tokoh bangsa, selama 73 tahun ini telah banyak memberikan berbagai karya dan pemikiran strategis yang besar peranannya dalam pembangunan nasional untuk meningkatkan daya saing bangsa. Kiprahnya di beberapa sektor di dalam negeri maupun luar negeri untuk skala di Indonesia tergolong senior dan sudah banyak kemajuan dan keberhasilan. Salah satu tingkat  keberhasilannya dapat dilihat prestasinya memperoleh Akreditasi Internasional Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE) pada Program Studi Teknik Sipil”, demikian sambutan Dirjen. Pembelajaraan dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. Intan Ahmad yang hadir mewakili Menteri di acara milad ke-73 tahun UII, sekaligus acara penganugerahan Akreditasi Internasional JABEE tersebut.

Intan Ahmad juga menyampaikan apresiasi kepada ketua teknik sipil UII yang telah mengupayakan jajarannya memperoleh akreditasi internasional. “Tidak mudah untuk mendapatkan ini, butuh kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak dalam memperoleh akreditasi A bahkan internasional. Harapan kami, mudah-mudahan bisa diikuti oleh prodi lainya”, ungkap Prof. Intan.

Rektor UII, Dr. Harsoyo membuka Milad ke-73 UII dan sekaligus memberikan kata sambutan, menyampaikan bahwa sudah 73 tahun telah berupaya memberikan peran dan kontribusinya terbaiknya bagi kehidupan bangsa Indonesia. Dalam kurun waktu tersebut, berbagai tantangan dan hambatan senantiasa mewarnai dinamika kampus UII. Tokoh bangsa, Presiden Pertama RI, Dr. Moh. Hatta ketika berpidato pada peresmian Sekolah Tinggi Islam pada 4 Juni 1948, mengungkapkan bahwa pertemuan agama dan ilmu di UII sangat tepat untuk meningkatkan kesejahterahaan masyarakat Indonesia. Harapan dan cita-cita para tokoh pendiri UII Itu kini dititipkan ke pundak kita sebagai civitas akademika. Harapan tersebut seyogyanya terus menuntun langkah dalam mengembangkan UII di masa depan untuk meneguhkan universitas yang berdaya saing global.

Turut hadir dalam acara ini Perwakilan dari Kopertis Wilayah V Yogyakarta, Ketua Pengurus Yayasan Badan Wakaf  UII, Dr. Ir. Luthfi Hasan, MS., segenap Wakil Rektor UII serta para Dekan dari berbagai fakultas yang ada di lingkungan UII. Hadir pada acara penganugerahan tersebut, perwakilan dari Jepang, Dr. Yasuyuki Aoshima, Executive Managing Director of JABEE. (SR/Editor/HKLI)