Home » Berita

Sukses! Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Digelar di 30 Lokasi

24/02/2016

Jakarta – Belmawa.  Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) sesi pertama secara serentak telah dilaksanakan  di 30 (tiga puluh) Tempat Uji Kompetensi (TUK) di seluruh  Indonesia. Acara yang berlangsung  dari  Jumat s.d. Minggu, 20-22 Februari 2016 tersebut harus ditempuh mahasiswa kedokteran dan kelulusannya sebagai syarat wajib bagi mahasiswa kedokteran sebelum yudicium. Peserta uji kompetensi harus mengerjakan sebanyak 200 soal ujian berbasis komputer (CBT) selama 200 menit.

Sebanyak 4.391 mahasiswa kedokteran mengikuti uji kompetensi di 30 TUK periode Februari 2016. Peserta ujian dibagi dalam 2 sampai 4 sesi, rata-rata setiap sesi diikuti sekitar 50 peserta. Sebelum dan sesudah ujian, para peserta ujian dikarantina terlebih dahulu, hal ini dilakukan agar peserta ujian tidak dapat berinteraksi antar peserta yang berbeda sesi walau dalam satu TUK. Panitia telah mengatur sedemikian rupa sehingga tidak ada komunikasi dan kebocoran soal antar sesi dan antar TUK. Pun demikian pada sesi-sesi pada hari berikutnya, panitia membuat soal yang berbeda dengan sesi sehari sebelumnya.

UKMPPD dilaksanakan dengan ujian latihan terlebih dahulu selama 3 menit agar peserta bisa berlatih terlebih dahulu dan terbiasa menggunakan tools dan icon-icon yang ada dalam aplikasi CBT. Tepat pukul 08:00 WIB ujian dilaksanakan secara serentak, Penyelia Pusat (PP) melakukan penekanan tombol start di aplikasi CBT-nya dan countdown 200 menitpun mulai berjalan. Pelaksanaan uji kompetensi sesi pertama berjalan dengan lancar, sesekali pengawas ujian keluar mendampingi peserta ujian yang hendak ke toilet, peserta perempuan didampingi pengawas perempuan dan sebaliknya. Tidak ada kendala berarti di lapangan selama pelaksanaan ujian, beberapa peserta ada yang mengalami kendala di aplikasi CBT-nya namun dengan sigap bisa diatasi oleh tim IT.

Para observer dari Direktorat Penjaminan Mutu, Direktoral Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang bertugas di 9 (sembilan) lokasi melaporkan pelaksanaan ujian di lokasi masing-masing. Dari semua laporan semua observer, uji kompetensi dilaporkan berjalan lancar dan sukses sampai hari terakhir pelaksanaannya.

Selanjutnya peserta UKMPPD akan  mengikuti uji praktek dengan metode OSCE pada tanggal 27 s.d. 29 Februari 2016 di 59 lokasi dengan terlebih dahulu harus mengikuti briefing dari Penyelia Pusat di TUK masing-masing. (hz-rrs/editor/abds)