Home » Berita

Aku Rindu Bisa Baca

22/02/2016

“Semangat tak akan padam sebab hidup terus berlanjut, ia tak akan menoleh ke belakang juga tak menunduk ke bawah tapi ia akan selalu menatap ke depan. Kami akan terus menggelorakan semangat untuk mendidik anak-anak terbaik di seluruh pelosok tanah air.” Demikian sepenggal untaian kata-kata indah nan bermakna menyentuh kalbu yang paling dalam,suatu ungkapan perasaan gelora untuk mengabdi bagi bangsa dari perwakilan wisudawan. Wisuda lulusan PPG SM-3T dan PPGT menjadi tonggak sejarah dalam kehidupan wisudawan. Acara yang dilaksanakan pada Jum’at, 19 Februari 2016 dengan jumlah263, terdiri dari 232 orang lulusan PPG SM-3T, dan 31 orang PPGT. 11 lulusan terbaik dengan nilai rata-rata dari keseluruhan komponen penilaian di atas 90. Kini, mereka menyandang gelar guru profesional “Gr”.

“Mengabdi di pelosok negeri. Mengajarkan kami begitu banyak hal. Mengajar kami tentang kerinduan, toleransi, dan kerja sama. Kami merasakan arti suatu kebanggaan. Bagaimana bangganya ketika melihat siswa-siswi kami yang semula belum bisa menulis dan membaca, sudah mampu menulis nama mereka di dinding sekolah, mampu membaca kata rindu di dalam dada; Indonesia. Semoga itu dapat menjadi bekal mereka untuk MENULIS DAN MEMBACA MASA DEPAN. Saat itu, air mata yang jatuh adalah do’a do’a yang panjang”. Ungkapan ini juga menyampaikan pesan AKU RINDU BISA BACA. Betapa banyak generasi muda khususnya di daerah 3T yang membutuhkan kehadiran dan peran guru di daerah mereka.

Dalam kesempatan ini, Rektor UNJ Djaali menyampaikan bahwa untuk menghadapi berbagai tantangan dan perkembangan iptek dan peradaban diperlukan pendidikan tinggi untuk menghasilkan pendidik-pendidik yang memiliki kompetensi unggul dan berkarakter. Penyiapan guru profesional harus dilaksanakan melalui Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Program PPG diharapkan dapat menjawab permasalahan mutu pendidikan khususnya guru.Para lulusan PPG menyandang atribut “Guru Profesional” agar benar-benar menjadi “Guru Pendidik” yaitu guru-guru yang mewakafkan seluruh jiwa raganya untuk kemajuan peserta didik. Guru-guru pendidik adalah guru-guru yang semata-mata pengabdiannya untuk mempersiapkan generasi mendatang siap membawa Indonesia kepada kejayaan.Kemudian, upaya memuliakan guru adalah usaha meningkatkan martabat dan sekaligus mencerdaskan guru. Pemerintah memiliki perhatian dan komitmen untuk meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran dan pendidikan.

Selamat kepada seluruh wisudawan PPG baik baik di UNJ maupun LPTK lainnya. Selamat jalan, berjuang dan mengabdi di seluruh pelosok negeri tercinta Indonesia. Belajar, meneliti dan melakukan inovasi tiada henti dalam praktek pendidikan guna mencerdaskan dan mensejahterakan bangsa dan menjaga kewibawaan guru profesional. (HS/editor/abds)