Home » Berita

Menghitung Hari : Menuju Standar Nasional Pendidikan Kedokteran

15/02/2016

SNPKDirektorat Penjaminan Mutu terus mengawal proses penyusunan Standar Nasional Pendidikan Kedokteran (SNPK) agar tetap selaras dengan Permenristekdikti No 44. Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDIKTI). Setelah serangkaian FGD dari tahun 2015, tim akhirnya berhasil menyusun draf SNPK.

Bertempat di Ruang Rapat lantai 7 Gedung D, Senayan, pada Rabu, 10 Frebruari 2016, tim penyusun SNPK (KKI, IDI,KDGI, Kemkes, dan IPKI) bersama Direktur Pejaminan Mutu, Aris Junaidi; Kasubdit Uji Komptensi, Retno RR; dan Plh. Kasubdit Penguatan Mutu, Masluhin Hajaz; mencermati draf SNPK dengan melakukan kegiatan “Workshop Penyempurnaan Draf SNPK”.

Perdebatan dan masukan mewarnai workshop, antara lain masalah kesesuaian SNPK dengan SNDIKTI pada batasan masa pembelajaran, kesesuaian jenjang pendidikan pendidik dengan KKNI, dan adanya syarat tambahan masuk prodi kedokteran di PTN setelah lulus SBMPTN atau SNMPTN antara lain telah lulus tes bakat dan psikotes.

Pembahasan masalah kekhususan masa belajar profesi, spesialis dan subspesialis bidang kedokteran akhirnya juga disepakati masa belajarnya yang akan diatur secara khusus dalam SNPK.

Worskhop berakhir pada pukul 12:00 siang dengan hasil penyempurnaan draft SNPK dan rencana uji publik kepada para pemangku kepentingan pada minggu ke-4 bulan Februari 2016. (hz/penjamu)