Home » Berita

Intan Ahmad: Perguruan Tinggi adalah Human Invesment

22/01/2016

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti, Intan Ahmad menyampaikan orasi ilmiah bertajuk Perguruan Tinggi di Tengah Dinamika Pembangunan Nasional dan Desakan Integrasi Regional/Internasionalisasi Tantangan dan Peluang mewujudkan The Great UNPAR pada acara Dies Natalies ke- 61 Universitas Katolik Parahyangan, yang belangsung di Aula Gedung Pascasarjana Unpar Bandung, (18/1/2016 ).
Di depan para sivitas akademika Unpar Prof Intan menyampaikan penghargaan dan ucapan selamat kepada Unpar atas kontribusinya selama 61 tahun dalam meningkatkan daya saing bangsa. Prof. Intan yakin Unpar akan menghasilkan lebih banyak lagi lulusan yang berkualitas sebagai bagian dari proses ‘human investment ‘ yang tidak pernah berakhir. Lebih lanjut Intan menegaskan pentingnya keberanian perguruan tinggi di Indonesia untuk melakukan mission differentiation, yaitu mengembangkan berbagai kebijakan untuk mereformasi sistem pendidikan tinggi dan penelitian. Guru besar ITB ini selanjutnya mengilustrasikan negara India, Thailand, dan Malaysia, dimana ketiga negara ini telah mengkategorikan institusi pendidikan tinggi sesuai dengan misi yang diembannya. Dan yang terpenting apa yang dilakukan oleh universitas ketiga negara ini didukung oleh pemerintah setempat. Universitas-universitas tersebut dibagi sebagai universitas penelitian, Institution of national important comprehensive university, 4-year Universities, dan community colleges. “Melalui mission differentiation ini, perguruan tinggi di negara tersebut mampu menampakkan perananya dengan lebih jelas bagi perkembangan ekonomi nasional,” terangnya. Untuk itu, sambung Intan, perguruan tinggi perlu memiliki benchmark yang mencirikan dirinya. Kejelasan misi yang tercitra dalam ciri perguruan tinggi dapat memudahkan instansi tersebut mengambil peran dalam riset dan teknologi yang mendukung human investment. (Seratmas/Editor: febi/L4)

dan tentunya mendapat dukungan dari pemerintah, disebut sebagai universitas penelitian ( Research University ), Institution of national important comprehensive university, 4 years University, dan community colleges. Melalui mission differentiation ini, perguruan tinggi di negara tersebut mulai menapakkan perananya bagi perkembangan ekonomi nasional. ( Seratmas )