Home » Berita

Kredit Transfer Semakin Digalakkan

01/12/2015

Saat ini, sejumlah institusi pendidikan tinggi telah menggunakan sistem kredit transfer untuk mahasiswa namun jumlah mahasiswa yang benar-benar terlibat dalam program ini masih relatif kecil. Padahal, kredit transfer mampu menjadi salah satu pola mobilitas mahasiswa dan kerjasama antar-lembaga pendidikan tinggi.

Kredit transfer merupakan sebuah mekanisme pengakuan beban kerja dan prestasi pada suatu lembaga pendidikan tinggi dengan lembaga pendidikan tinggi lainnya. Dalam kredit transfer, komponen kualifikasi dapat disetarakan dengan kualifikasi lain dengan menyatukan kredit yang sebanding untuk pencapaian akademis dan prestasi individu.

Kini Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan memelopori penggalakan program transfer kredit antar negara dengan beberapa negara mitra seperti negara ASEAN, Korea, Taiwan, Amerika Serikat, dan Perancis. Melalui program transfer kredit, perguruan tinggi asal (home university) di Indonesia dapat mengenal, mempelajari berbagai sistem transfer kredit yang ada seperti European Transfer Credit System, Asian Credit Transfer System maupun UMAP Credit Transfer System. Ke depannya sistem transfer kredit akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan peraturan pendidikan tinggi di Indonesia.