Home » Berita

Inklusi Kesadaran Pajak Melalui Spada Indonesia

23/11/2015

Pemahaman dan kesadaran masyarakat Indonesia untuk patuh membayar pajak masih minim.Hal ini karena pengetahuan mengenai pajak yang diperoleh masyarakat belum optimal.Dari sekitar 250 juta penduduk Indonesia, ada 22 juta wajib pajak terdaftar tapi itu pun belum seluruhnya membayar pajak sesuai ketentuan.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran pajak, Kementrian Keuangan telah membuat MoU dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memasukan (inklusi) kesadaran pajak kedalam mata pelajaran di skeolah atau matau kuliah di kampus. Karena perubahan struktur, dimana pendidikan tinggi saat ini berada di bawah Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi maka melalui Ditjen Pajak dan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan sedang melakukan pembaharuan MoU. Selanjutnya sedang disusun Perjanjian Kerjasama antara Ditjen Pajak dengan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan dalam rangka inklusi kesadaran pajak pada perguruan tinggi.

Sebagai tindak lanjut, inklusi kesadaran pajak, salah satunya dilakukan melalui SPADA Indonesia.SPADA Indonesia atau Sistem Pembelajaran Daring Indonesiamerupakan salah satu program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan pemerataan akses terhadap pembelajaran yang bermutu di Perguruan Tinggi. Dengan sistem pembelajaran daring, SPADA Indonesia memberikan peluang bagi mahasiswa dari satu perguruan tinggi dapat mengikuti mata kuliah bermutu tertentu dari perguruan tinggi lain dan hasil belajarnya dapat diakui  oleh perguruan tinggi tempat mahasiswa tersebut terdaftar.

Sebagai langkah awal, inklusi kesadaran pajak melalui SPADA Indonesia dilakukan melalui dua jalur.Pertama, menyisipkan tema-tema kesadaran pajak kedalam mata kuliah daring mata kuliah umum.Beberapa tema kesadaran pajak yang relevan dengan mata kuliah daring Pancasila, PKn, Agama, Bahasa Indonesa,dan telah disisipkan.Kedua, menyisipkan tema-tema kesadaran pajak kedalam materi terbuka (open content).